Rabu, 17 April 2013

"KEBUMIAN"

Yah, ilmu inilah yang akan aku bagi ke depannya. Khususnya aku share sama anak-anak yang suka mengamati prilaku bumi, apalagi yang ikut OSN KEBUMIAN. Aku sendiri, saat ini, baru aja lolos OSK Kebumian 2013 dengan harapan bisa membayar kekalahan tahun lalu.


Di post-an pertama ini, aku mau menceritakan sedikit kisah tentang kebumian.

Sesuai namanya, kebumian berarti tentang bumi. Apapun itu. Tapi, lebih condong ke arah pembentukan dan bagaimana bentuknya, bukan dampaknya kepada manusia seperti geografi. Jangan salah yah, geografi sama geoscience(kebumian) itu beda.

Kebumian, dalam olimpiade, terbagi oleh beberapa bab:

1- Geologi
    a. Kristalografi
    b. Mineralogi
    c. Geologi Struktur
    d. Geomorfologi
    e. Petrologi
    f. Paleontologi
2- Meteorologi dan Klimatologi
3- Oseanografi dan Hidrologi
4- Astronomi

Memang bukunya banyak banget, dan harus dibaca sampai tuntas. Ketinggalan sedikit aja, kalau buat anak OSN, bisa fatal. Soalnya kan kita gak bisa nebak soal apa yang bakal keluar nanti.
Terus, sebenernya, semua materi itu udah ada di buku PENGANTAR KEBUMIAN. Tapi yah, kita juga mesti dapetin referensi lain. Biasanya ada dari UGM, ITB, atau UI. 
Meskipun aku sendiri belum bisa menjadi orang yang rajin dengan mengkhatamkan semua buku itu, setidaknya ayo kita sama-sama berusaha menjadi rajin. Oke?

Ohya, selain astronomi dan geologi struktur, memang nggak ada hitungannya. Banyak banget yang harus dihafal. Makanya harus bisa meluangkan waktu buat baca terus tiap hari. Satu buku jangan cuma dibaca sekali. UAH! AYO SEMANGAT KEBUMIAN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar